Misteri Erupsi Gunung Merapi

Indonesia memang negara yang tidak jauh dari bencana mulai dari banjir, tsunami, tanah longsor, Gempa bumi hingga gunung meletus. Bencana tersebut melanda Indonesia secara bergilir. Di Yogyakarta sendiri sudah dua bencana yang dikatakan cukup besar yakni gempa bumi yang melanda Bantul serta yang belum lama ini  yakni meletusnya gunung merapi.

Oleh warga Yogyakarta yang masih percaya dengan hal hal yang bersifat mistis, bencana tersebut selalu dikaitkan dengan mitos mitos. Mitos mitos tersebut tidak dapat dipisahkan dari poros merapi,kraton Yogyakarta serta Laut selatan. Dan hal tersebut selalu dihubungkan dengan adanya bencana di Yogyakarta. Seperti meletusnya gunung merapi pada 26 Oktober kemarin. Erupsi yang menewaskan juru kunci gunung merapi, Mbah Maridjan. Serta tertimbunnya tempat tempat ritual mbah maridjan digunung merapi, yakni watu gajah dan ringin putih. Ada mitos yang mengatakan bahwa perjanjian antara Panembahan Senopati dengan Ratu Kidul (pantai selatan) dan Kiai Sapujagad (merapi) serta kiai Jegod (penjaga kraton) telah selesai. Dengan meninggalnya mbah Maridjan semua menjadi berubah. Dan ini menjadi suatu tataran peradaban baru. Seperti gunung merapi yang menenggelamkan predaban Hindu Budha dan digantikan dengan peradaban Islam. Jadi mereka menganggap bahwa dengan meletusnya gunung merapi ini merupakan awal dari suatu peradaban yang baru.

Ada juga mitos mengenai keberadaan penunggu gunung merapi yakni mbah petruk. Keberadaan mbah petruk memang sudah lama dipercayai oleh warga Selo, Boyolali, masyarakat setempat mempercayai bahwa mbah petruk adalah penguasa gunung merapi. Masyarakat setempat percaya jika si penguasa gunung tersebut akan memberitahu jika Gunung merapi sewaktu waktu akan meletus.Kalau mbah maridjan sosoknya ada sedangkan mbah petruk ini ghaib. Biasanya mbah petruk memberitahu jika merapi akan meletus melalui mimpi.

Setelah erupsi merapipun ada banyak kisah yang berbau mistis, seperti saat malam jumat kliwon sering terdengar suara jeritan dari arah kali gendol. Jeritan tersebut tidak hanya terdengar satu-satu namun suara terdengar dari banyak tempat, jeritan jeritan tersebut terdengar seperti jeritan orang minta tolong. Dan hal tersebut didengar oleh banyak orang yang beronda untuk mengamankan desannya yang ditinggalkan oleh para penghuninya untuk mengungsi dari bahanya erupsi merapi.

Setelah adanya bencana tersebut banyak orang mengadakan sebuah ritual yang bertujuan untuk menghindari bencana lagi. Seperti yang dilakukan paguyuban Tri Tunggal yang dipimpin Romo Sapto yang mengadakan ritualnya di Tugu yogya. Ritual tersebut bertujuan untuk menghindarkan kota jogja dari bencana erupsi merapi.

Kepercayaan masyarakat akan hal hal berbau mistis memang tidak dapat dihiangkan begitu saja. Kepercayaan tersebut sudah terlanjur melekat pada masyarakat, walaupun pada saat ini sudah memasuki era modern. Pikiran masyarakat masih bercampur antara pemikiran rasional dan teologis. Jadi walaupun saat ini bisa dikatakan masa dimana semuannya serba digital namun secara pemikiran masih sangat sulit dipisahkan dengan hal hal yang berbau mistis.

Sumber           : Wihans.web.id/kisah-mistik-mbah-petruk-dar-puncak-merapi

Koran Minggu Pagi no 31 Minggu ke V Oktober 2010

Koran Minggu Pagi no35 Minggu ke IV November 2010

Koran Minggu Pagi no36 Minggu ke I Desember 2010

2 Responses to “Misteri Erupsi Gunung Merapi”

  1. Teologis, itulah kata Comte untuk mengatakan orang yg percaya pada hal2 gaib… sebaiknya dalam menanggapi bencana alam di negeri kita, selain melihat secara Teologis juga melihat secara Positifis, agar tidak salah KAPRAH… wokey, nanti bisa2 di SUi….Cide…. sama Durkheim, wkwkwkwk….
    keep posting brot….
    liat juga :
    http://itsumonojinan.wordpress.com/2011/01/05/a-tritubte-to-%E2%80%9Ckendaraan-umum%E2%80%9D%E2%80%A6/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: